Situs ini dikelola secara resmi oleh Gereja Katolik Keuskupan Jayapura dan Fransiskan Papua melalui Sekretariat Keadilan dan Perdamaian (SKP) sebagai salah satu upaya untuk memaparkan keadaan hak asasi manusia di Papua secara akurat dan berimbang dan menyajikannya kepada masyarakat luas.
Click here for the English Version of this site

 

Wajah Kami

Adolf Rudolf Otto Kambayong OFM, Direktur
Ollof (nama panggilan) berasal dari suku Muyu, Merauke, tapi lahir (tgl. 12 Oktober 1969) dan besar di Biak, Papua. Dia menyelesaikan Sekolah Dasar dan Menengah Pertama di Biak. Dia kemudian melanjutkan Sekolah Menengah Atas di Manokwari dari tahun 1989-1991. Pada tahun 1994 dia menjalani masa postulat di Sentani, Papua, sebelum bergabung dengan Persaudaraan Fransiskan tahun 1995 dan menjalani Novisiat di Sentani. Selanjutnya dia melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi "Fajar Timur" Abepura tahun 1996 dan mencapai gelar S-1 di bidang Filsafat dan Teologi tahun 2001. Pada tahun yang sama dia bergabung dengan SKP menangani Unit Penguatan Basis. Sejak 1 Januari 2009, Badan Pendiri SKP mengangkatnya sebagai Direktur.

Frederika Korain SH, Manajer Operasional
Rika (nama panggilan) berasal dari Maybrat, Sorong, Papua; lahir pada tgl. 5 Februari 1975. Dia menyelesaikan sekolah dasar di kampung halamannya di Ayawasi, dan sekolah menengah di Teminabuan. Pada tahun 1990 ia berangkat ke Sorong dan melanjutkan sekolahnya di SMA YPPK St. Agustinus Sorong hingga lulus di tahun 1993. Nona ini kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, pada tahun 1993 di bidang hukum dan mencapai gelar S-1 pada tahun 1997. Selanjutnya, ia mencari pengalaman dengan menjadi relawan di ELSAM (Lembaga Studi dan Advokasi Hak Asasi Manusia) di Jakarta sebelum bergabung dengan SKP sejak akhir tahun 2000.

Apie Florence Sari Rosa Moiwend, Koordinator Unit Investigasi
Rosa (nama panggilan) lahir di Enarotali, Papua, pada tanggal 17 Juni 1977. Setelah tamat dari SMA Negeri II di Jayapura dia melanjutkan studinya pada Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Studi di Yogyakarta diakhiri dengan gelar S1 pada tahun 2003. Semasa kuliah sampai sekarang, nona ini aktif di Kerabat WWF Indonesia (Friends of WWF Indonesia), Earth Kids (Environmental Educations for Children) Yogyakarta, dan pernah aktif menjadi relawan pada Tim Relawan Untuk Kemanusiaan (divisi Kekerasan terhadap Perempuan, Yayasan Kalyana Mitra Jakarta). Sejak bulan Desember 2003 bergabung dengan SKP Jayapura.

Untung Robert Dien, Ekonom
Untung (nama panggilan) lahir di Medan, Sumatera Utara, pada tanggal 24 September 1967. Dengan keahlian di bidang akuntasi dari STIE Ottow & Geisler Jayapura dengan gelar SE, bapak tiga anak ini pernah bekerja di BPR Irian Sentosa, Perusahaan Penerbagan Regional Air sebelum bergabung dengan SKP pada 1 Agustus 2007.Selain pengalaman di bidang bisnis dan perbankan, dia juga aktif dalam kegiatan-kegiatan paroki dimana dia tinggal.

Robert Fredrick Jitmau, Staf Unit Penguatan Basis
Robert (nama panggilan) lahir di Ayamaru, Papua, pada tanggal 15 Februari 1978. Setelah tamat dari SMA Negeri II di Jayapura dia melanjutkan studinya pada Fakultas Hukum Universitas Satya Wacana, Salatiga. Studi di Salatiga ini mengantongi gelar S1 pada tahun 2003. Semasa kuliah sampai sekarang, pemuda ini aktif di gerakan mahasiswa dan sejak 1 Juli 2007, dia bergabung dengan SKP Jayapura.

Kornelius Siep, Kasir, Rumah Tangga, dan Sopir
Neles (nama panggilan) lahir di Anelagak, Lembah Balim, Papua, pada tanggal 26 September 1971. Setelah tamat dari SMEA Yapis di Jayapura, dia bekerja sebagai sopir di Bank Indonesia dan BNI hingga 2007. Selain bekerja di SKP, bapak empat anak ini aktif sebagai penggerak komunitas basis Gerejawi Umat Balim di Jayapura dan kegiatan dewan paroki Katedral, Jayapura. Sejak 1 Agustus 2007 dia bergabung dengan SKP Jayapura.

Florry Koban, Data dan Informasi
Florry (nama panggilan) lahir di Jayapura pada tanggal 1 September 1983, Besar di Lembah Balim, Papua. Setelah tamat dari LPKM St.Fransiskus Asisi dan SMU Teruna Bakti Jayapura, dia melanjutkan studi ke Arsitektur USTJ sehingga mengantongi gelar ST. Pernah bekerja pada PNPM Mandiri Respek 2008, setelah itu dia menjalani irama hidupnya sebagai Seniman Religius bersama anak-anak jalanan Waena, sehingga banyak menghasilkan desain arsitektur Gereja katolik dan juga sebagai musisi religius di Keuskupan Jayapura. Sejak Maret 2009 dia bergabung di SKP Jayapura .

Oktovianus Bonny Alua, Pos Kontak Wamena
Bonny (nama panggilan) lahir di Wamena, Papua, pada tanggal 28 Oktober 1981. Setelah tamat dari Lembaga Pendidikan Kader Menegah (LPKM) St.Fansiskus Asisi dan SMU Teruna Bakti di Waena dia melanjutkan studinya pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Timur.. Studi di Makassar diakhiri dengan gelar S1 pada tahun 2006. Semasa kuliah dia aktif di organisasi IKAMAPA ( Ikatan Alumni Makassar Asal Papua). Sebelumnya menjadi relawan SKP Jayapura dan pada bulan Maret 2009 secara resmi dia bergabung dengan SKP Jayapura sebagai tenaga paruh waktu Pos Kontak SKP Jayapura di Wamena.

 




© 2004 - 2009 Copyright SKP Keuskupan Jayapura, Papua - Indonesia